12.3.13

Romantisme Di Surga Para Dewa Dewi

foto courtesy ndahsaja.com
Dieng memang tak seterkenal Bali atau Bunaken, bahkan Bromo di Malang, namun berbicara keindahan alam, Dieng merupakan salah satu tujuan wisata dengan sejuta pesonanya. Beragam keindahan dapat anda jumpai dalam satu kawasan ini, mulai dari kawah, telaga, hingga perkebunan teh dan theater mini. Mungkin bagi anda yang bosan dengan wisata pantai Dieng dapat menjadi salah satu objek tujuan pilihan bagi anda. Dieng terletak diketinggian 2100 dI permukaan laut dengan suhu di kisaran 15°—10° Celcius, bahkan pada musim kemarau suhunya bisa mencapai 5° disaat malam hari. Tentunya dengan suhu udara seperti ini dapat menjadi tempat yang pas untuk anda menjadikan Dieng sebagai tujuan untuk berbulan madu.
Asal usul Nama “Dieng” mempunyai makna “pegunungan tempat tinggal para dewa dan dewi”. Dieng terletak di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Wisata Dieng ialah salah satu dataran tinggi yang terdiri dari bukit-bukit pegunungan, jarak menuju kawasan dieng ini kurang lebih 30 km dari pusat kota wonosobo, bisa ditempuh 30 menit perjalanan dari pusat kota Wonosobo. Kawasan Wisata Dieng memiliki beberapa fasilitas seperti tempat penginapan, resor, pondokan, panggung hiburan, restoran, gedung theter, gedung museum, candi, kawah, tempat bermain untuk anak anak ataupun dewasa, untuk menuju ke wisata Dieng anda perlu menaiki transportasi bus dari pusat kota kurang lebih 30 menit, atau sewa motor, maupun mobil pribadi itu membuat anda lebih leluasa mengeksplorasi pesona wisata Wonosobo dieng. Tiket masuk untuk ke kawasan wisata Dieng dibutuhkan 8000/orang. Saat anda menignjakan kaki di kawasan wisata Dieng anda dapat merasakan romantisme negeri di atas awan, anda akan disuguhkan sajian panorama yang sangat mempesona.
Sejuta keindahan panorama Dieng dapat anda nikmati berdua bersama pasangan, beberapa tempat ini dapat anda kunjungi untuk menghabiskan waktu berbulan madu yang romantis. 
Kawasan obyek wisata Telaga Warna

foto courtesy ndahsaja.com

Di tempat ini terdapat beragam obyek wisata seperti telaga, gua bahkan teater mini. Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Kedua telaga itu letaknya berdekatan. Dinamai Telaga Warna karena telaga ini memantulkan berbagai warna. Kandungan belerang yang ada di dalamnya memantulkan warna kehijauan, ganggang merah yang ada didasar telaga memantulkan cahaya kemerahan dan jernihnya air telaga yang berwarna biru muncul dari pantulan gradasi sinar matahari. Nama Telaga Pengilon sendiri berarti telaga cermin. Namun keunikan telaga warna ini tidak selalu dapat anda nimati setiap saat. Terkadang telaga warna hanya berwarna hijau tosca dan di beberapa sudut telaga pengilon tertutup rerumputan. Di komplek wisata ini terdapat 3 buah Gua yaitu Gua Semar, Gua Sumur dan Gua Jaran. Di dalam Gua Sumur terdapat satu mata air yang disebut “Tirta Prawitasari”. Di Kawasan ini ada beberapa mitos yang menurut penduduk setempat apabila anda berfoto di Goa Semar tidak akan berhasil dan jika seorang pria masuk ke Gua Jaran maka ketika keluar akan menjadi wanita, namun itu hanyalah mitos pada kenyataannya banyak yang membuktikan cerita itu hanyalah sekedar mitos yang tak jelas kebenarannya. Setelah berkeliling mengitari telaga dan gua anda dapat bersantai sambil menikmati film berdurasi sekitar 20 menit di Dieng Plateu Theater. Letak teater ini di lereng bukit Sikendil, sekitar 300 m dari Telaga Warna. Film yang di putar bukanlah film bioskop pada umumnya, melainkan film mengenai sejarah Dieng termasuk tragedi Kawah Sinila pada tahun 1979 yang menewaskan ratusan penduduk Dieng.


Wisata Kawah

foto courtesy wiswono.blogspot.com

Selain itu di Dieng, anda dapat menikmati kawasan wisata kawah, di Dieng ini terdapat 3 kawah yaitu Kawah Sikidang, Kawah Candradimuka dan Kawah Sileri, yang letaknya tidak berjauhan. Kawah-kawah tersebut terbentuk dari letusan gunung-gunung yang mengelilingi tempat ini. Nama masing-masing kawah memiliki arti tersendiri, Kawah Sikidang (Kidang = Bahasa Jawa berarti kijang) bertabiat seperti anak kijang yang suka berjingkrak-jingkrak dan berputar-putar serta berpindah-pindah, Kawah Sileri (Leri =, bahasa Jawa berarti air cucian beras) merupakan telaga air panas yang mirip air cucian beras dan menunjukan gejala aktivitas Vulkanis, Kawah Candradimuka, kawah dengan suara menggelegar, menurut cerita kawah ini digunakan untuk tempat penggodokan seseorang yang sangat sakti mandraguna. Kami hanya mengunjungi Kawah Sikidang dan itupun tidak lama karena sudah tidak tahan dengan bau busuk belerang.


Kawasan Wisata Candi

foto courtesy ndahsaja.com

Selain itu anda juga dapat berkunjung ke komplek candi yang terletak di kawasan wisata Dieng, terdapat beberapa candi yaitu Candi Gatotkaca, Candi Dwarawati, Candi Bima (candi terbesar di kawasan wisata Dieng) dan kompleks Candi Pandawa (Candi Semar, Arjuna, Srikandi, Sembadra, dan Puntadewa) menjadi agenda wajib wisata candi. Kompleks ini berisi 5 candi, yaitu. Candi-candi yang tersebar di kawasan ini bercorak Hindu. Berdasarkan temuan Prasasti Situs Dieng diperkirakan dibangun abad VII – XIII Masehi. Sebagai kebaktian kepada Dewa Syiwa dan Sakti Syiwa (istri Syiwa).

Obyek Wisata Dieng lainnya yang dapat anda nikmati yaitu:
Agro Wisata Tambi

Di Kebun teh ini terdapat pondok wisata, kolam pemancingan, lapangan tennis, taman bermain, kebun dan pabrik teh. Aktivitas yang bisa anda lakukan disini hampir sama dengan kawasan wisata Gunung Emas puncak Bogor, menelusuri kebun teh, menikmati pemandangan, juga mendapat penjelasan mengenai budidaya tanaman teh, pengolahan dan pemasaran.

Air Terjun Sikarim

Air terjun Sikarim terletak di desa Mlandi Kecamatan Garung. Di area ini anda dapat menikmati pemandangan perkebunan sayuran termasuk juga komplek sumber panas bumi dieng. Di objek wisata air terjun Sikarim ini anda dapat menimati pemandangan air terjun sangat indah, dengan bukit menjulang dibelakang air terjun, pepohonan rindang dan air yang dingin akan membuat anda berdua betah bersantai disini.

Gunung Sikunir Dieng

Gunung Sikunir merupakan salah satu jajaran gunung di dataran tinggi dieng. Tempat ini sangat terkenal untuk menikmati Sunrise Dieng. Untuk menikmati sunrise Gunung Sikunir sangat disarankan untuk menginap di Dieng. Kendaraan bisa dibawa sampai kaki gunung untuk selanjutnya naik ke puncak Sikunir kurang lebih 30 menit dengan berjalan santai. 

Pemandian air panas Pulosari

Lokasi pemandian air panas belerang ini bersebelahan dengan sungai berbatu yang berair jernih dan disekitarnya terdapat perkebunan rakyat. Anda dan pasangan dapat memanjakan diri dan melakukan relaksasi setelah lelah berkunjung mengitari objek-objek wisata di Dieng.

Telaga Menjer

Merupakan telaga alam terluas di Kabupaten Wonosobo. Berada di ketinggian 1300 meter diatas permukaan laut, dengan luas 70 Ha dan kedalaman 45 meter. Telaga Menjer terletak didesa Maron Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo 12 km sebelah utara kota Wonosobo.

Telaga Bedakah

Telaga ini terletak didesa Bedakah sebelah timur laut kota Wonosobo, dilereng Sindoro. Selain telaga juga terdapat Gua Angin yang selalu mengeluarkan angina dan Gua Lawa yang merupakan tempat berlindungnya kelelawar.

Sendang Surodilogo

Menurut cerita keberadaan sendang ini, bermula dari tongkat Ki Joko Suro, prajurit Pangeran Diponegoro yang sedang bersembunyi dari serangan Belanda. Karena kesulitan mencari air, Ki Joko Suro menancapkan tongkat ke tanah lalu tersemburlah air yang datang untuk mandi pada setiap malam 1 suro. Karena diyakini dapat membuat seseorang merasa muda kembali. Lokasi sendang ini terletak didesa Pagerrejo berdekatan dengan Agro Wisata kebun teh Bedakah.

Tuk Bimalukar

Merupakan sebuah mata air dengan pancuran yang terbuat dari batu Purba. Nama Bhimalukar dimaksudkan dimana ditempat ini sang mata air sungai Serayu ini diyakini sebagai air awet muda. 

Nah itulah tadi sejuta wisata Dieng yang dapat anda nikmati berdua bersama pasangan untuk menghabiskan waktu berbulan madu. Selamat menimati bulan madu yang indah di kawasan para dewa dewi.

Disari dari berbagai sumber : 
www.wisatamelayu.com
Ndahsaja.com
wiswono.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar anda disini