27.2.13

Mengenal Kategori Lagu Untuk Pernikahan ala Western

Dalam setiap pernikahan tentunya sering kita dengarkan iringan musik sebagai pengantar atau latar belakang dari sebuah acara. Musik memang sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam sebuah perhelatan acara seperti pernikahan. Berbagai jenis musik dari berbagai jenis genre pun seringkali terdengar untuk menambah kemeriahan atau kesakralan sebuah pernikahan. Memang tak semua acara pernikahan selalu diiringi oleh musik, namun pada umumnya sebuah acara pernikahan selalu menyuguhkan alunan nada demi memberikan suasana tersendiri. Tapi tentunya tidak semua musik yang diperdengarkan akan sesuai dengan acara pernikahan anda. Karena dari masing-masing pasangan pengantin, tentunya memiliki tema pernikahan yang berbeda-beda. 





Berbagai tema pernikahan tentunya membawa sebuah gaya dan suasana tersendiri, begitu pun dengan musik yang mengiringinya. Pastinya jenis musik yang anda usung untuk acara pernikahan haruslah disesuaikan dengan tema dari acara pernikahan anda. Jangan sampai anda menyajikan musik disaat dan waktu yang tak tepat. Hal itu pastinya akan merusak tatanan atau kehidmatan sebuah acara yang sudah anda rencanakan. Ada baiknya agar tidak terjadi ketimpangan dalam mengatur musik pengiring acara, anda perlu membuat daftar urutan lagu dengan kategori yang sesuai dengan urutan acara pernikahan anda. Nah untuk itu ada baiknya anda menyimak tips untuk mengenal kategori lagu untuk pernikahan, khususnya pernikahan dengan gaya western.

Ada beberapa kategori yang harus anda buat dalam menyusun daftar musik untuk pernikahan anda. 

Prelude

Kategori pertama untuk pelaksanaan acara ceremony/pemberkatan adalah Prelude.  Musik prelude biasanya dimainkan sebelum berlangsungnya ceremony untuk mengiringi para tamu undangan menuju tempat duduk dan menunggu dimulainya acara. Prelude ini biasanya digunakan sebagai lagu pembuka untuk menuju acara ceremony anda, biasanya jenis musik dengan genre jazz dan klasik sering kali diperdengarkan. Pada bagian acara ini biasanya dimainkan 5-6 lagu tergantung dari susunan waktu yang telah anda buat untuk perencanaan acara pernikahan anda.


Processional

Biasanya processional dimainkan pada saat anggota keluarga dekat sudah siap menuju tempat duduknya. Anda dapat memainkan sebuah lagu baru yang sesuai dengan dinamika atau gaya acara pernikahan anda.

Bride Entrance


Pilihlah sebuah lagu yang sempurna dan berkesan untuk mengiringi anda dalam memasuki altar pernikahan, sehingga anda menjadi pusat perhatian bagi mata tamu anda.

Interlude  


Ini adalah bagian dimana anda memutarkan sebuah lagu selingan yang akan menandai sebuah moment spesial bagi anda berdua. Ini adalah bagian untuk anda mendengarkan lantunan lagu yang sempurna sebagai pengiring dari acara mempersatukan lilin.

Recessional


Selamat pada tahap ini anda sudah menjadi sepasang pengantin, pada bagian ini anda dapat memutarkan lagu recessional untuk merayakan komitmen baru anda berdua. Pilihlah lagu sesuai dengan pribadi atau kesukaan anda berdua.

Postlude

Postlude adalah bagian lagu yang dimainkan selepas uapacara pemberkatan anda berdua, untuk mengiringi para tamu keluar dari tempat upacara. Sebaiknya anda mainkan musik yang memiliki beat yang dinamis hal ini untuk menunjukan optimisme anda berdua setelah melangsungkan janji nikah. 

Mungkin sedikit bahasan mengenal kategori lagu untuk pernikahan ala western yang dapat anda simak. Pada akhirnya dapat anda simpulkan sebuah pernikahan akan terasa hambar apabila tidak ada musik yang mengiringi setiap perjalanan acara pernikahan anda. 



           

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tulis komentar anda disini