12.3.13

Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Merencanakan Pernikahan




Pernikahan memang menjadi tujuan terakhir untuk berlabuh dalam perjalanan hubungan kasih yang dijalani seseorang dengan pasangannya. Acara yang diharapkan berlangsung sekali seumur hidup itu pun perlu direncanakan dengan matang, agar segalanya dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan tanpa ada kesalahan sekecil apapun. Jika Anda melakukan kesalahan dalam pernikahan, maka itu akan berimbas kepada banyak hal. Mulai dari saat acara berlangsung hingga semua biaya yang berkaitan dengan pernikahan tersebut. Dikutip dari All Women Stalk, berikut adalah beberapa kesalahan yang bisa dihindari untuk pernikahan Anda.

Kurangnya prioritas anggaran
Ketika merencanakan pernikahan, adalah hal yang begitu mudah untuk terjebak dalam kesenangan dan melupakan budget atau anggaran yang Anda miliki. Cobalah untuk menempatkan anggaran sebagai prioritas, selain bisa menghemat biaya juga Anda tidak akan melakukan pengeluaran yang berlebihan untuk detail yang mungkin sebenarnya bukanlah yang yang penting.

Terintervensi orang lain
Perencanaan pernikahan bukanlah sesuatu yang hanya menjadi rencana sang calon pengantin, biasanya ada beberapa orang lain yang terlibat di dalamnya. Namun adalah sebuah kesalahan besar jika Anda dan pasangan membiarkan untuk terintervensi oleh keinginan mereka, padahal untuk beberapa hal yang tidak Anda inginkan.

Sebagai contoh, apakah memang harus melangsungkannya di hotel mewah? Atau harus memakai gaun pengantin seharga Rp 10 juta? Jadi, cobalah untuk memberikan mereka pengertian bahwa Anda dan pasangan telah memiliki rencana tersendiri mengenai pernikahan tersebut.

Tidak memiliki rencana
Seperti yang sudah dijelaskan, perencanaan pernikahan bukan hanya mengenai apa yang Anda inginkan, namun juga mengenai berapa orang yang terlibat. Anda harus memiliki rencana untuk mengatur apa dan siapa saja yang harus bertanggung jawab mengurusinya. Hal ini tidak hanya menghemat waktu juga akan menghemat uang.

Tidak mensurvei terlebih dahulu
Untuk tempat acara, sebaiknya Anda mensurvei terlebih dahulu beberapa tempat sebelum menentukannya. Anda harus membandingkan lokasi, ruangan, dan yang terutama adalah harga. Sehingga Anda pun puas dengan pilihan tersebut dan tanggal pilihan pun bisa disesuaikan dengan ketersediaan tempat.


Terlalu banyak tamu atau makanan
Jika Anda berencana untuk mengundang sekitar 200 orang, maka berfokuslah pada angka tersebut. Mungkin anda bisa merencanakan untuk menyediakan makanan untuk sekitar 300 orang. Namun janganlah berusaha untuk menambahkan angka tersebut beberapa kali lipat. Karena orang Indonesia lebih memperhatikan ketersediaan katering daripada gedung yang megah.

Begitu pun dengan makanan. Jika berencana mengundang 200 orang, jangan menyediakan catering untuk 500 orang. Walaupun Anda berpikir agar para tamu tidak kehabisan makanan, namun jika sisa makanan masih terlalu banyak, itu yang akan jadi masalah setelah acara.

Terlalu banyak “lain-lain”
Selain itu, Anda juga akan sangat mudah untuk terjebak pada hal “lain-lain” dengan begitu detail, sehingga membuat anggaran menjadi bertambah besar. Jika menurunkan biaya untuk pengeluaran lain, bisa dipastikan selain menghemat biaya, Anda juga bisa menghemat waktu serta menurunkan tingkat stres menjelang acara pernikahan.

Ada banyak kesalahan yang tidak tanpa disadari telah dilakukan oleh beberapa pengantin terkait dengan acara pernikahan mereka. Jadi, dengan memperhatikan beberapa kesalahan tadi, semooga nantinya Anda dan pasangan tidak melakukannya dan acara pun berhasil sesuai dengan rencana yang diinginkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar anda disini