19.3.13

Penyebab Paling Populer Menantu & Mertua Tak Akur

HAL-HAL mengenai ibu mertua yang sangat mengganggu bagi para menantu selalu dapat menimbulkan perasaan menyakitkan satu sama lain.Grandparents.com melakukan beberapa penelitian untuk mencari tahu persis hal apa yang selalu menganggu hubungan antara mereka berdua. Artikel berikut menggambarkan bagaimana permasalahan yang sering hadir dalam hubungan antara menantu dan mertua.

Kesalahan pertama seorang ibu mertua menurut Grandparents.com adalah ketika dia mengunjungi menantunya tanpa pemberitahuan lebih dulu. Sejauh ini, keluhan itulah yang paling universal, kata Terry Orbuch, Ph.D, seorang psikolog dan profesor penelitian di University of Michigan yang telah menjadi peneliti utama pada National Institutes of Health study of marriage and divorce. 

"Mertua dan menantu selalu menginginkan otonomi serta membutuhkan independensi. Ketika Anda datang dengan mendadak untuk mengunjunginya tentu dapat merusak momen tersebut,” katanya.

Dan hal tersebut bukan saja menyoal ketidaknyamanan kunjungan semata, tapi juga mengganggu privasi kehidupan rumah tangga mereka sendiri. "Menantu wanita memiliki perhatian dalam mengontrol ruang keluarga mereka," kata Apter.

Terjadinya komunikasi yang kurang lancar dapat menyebabkan hubungan antara mertua dan menantu menjadi tidak baik. Keseganan satu sama lain, membuat mereka menebak apa yang harus dilakukan satu sama lain.

"Saya telah mendengar ini dari banyak menantu wanita yang mengatakannya," imbuhnya.

Menurut Orbach, penelitiannya menunjukkan kesalahan komunikasi juga terjadi ketika ibu mertua berusaha memberikan nasihat pada menantunya. Pasalnya, tidak semua menantu suka menerima nasihat yang tidak diminta.

"Akan ada perbedaan dalam menyelesaikan masalah bagi tiap orang. Itu sebabnya, nasehat yang tidak diinginkan oleh menantu sebaiknya diketahui oleh mertua,” tutupnya, sebagaimana yang dilansir dari Mid Day.

Sumber: okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar anda disini