4.2.13

Makna di balik bunga tangan (Handbuquet)



Say it with flowers, itulah ungkapan yang sering kita dengar untuk mengungkapkan sesuatu pada seseorang. Bungalah yang selalu mewakili perasaan kita terhadap seseorang yang kita kasihi ataupun ungkapan hati kita sendiri. Bagi mempelai perempuan, buket bunga pengantin memiliki nilai yang hampir sama pentingnya dengan gaun pengantin. Buket pengantin pada sebuah pesta pernikahan, hukumnya terkesan wajib ini bahkan, ini menjadi tren sebuah pernikahan. Kesakralan sebuah pesta pernikahan rasanya belum lengkap tanpa ada buket pengantin di tangan sang mempelai wanita.


Tradisi seorang mempelai membawa bunga tangan ini sudah ada sejak jaman romawi kuno, namun bedanya bunga yang dibawa itu berbeda dengan bunga yang ada di pikiran kita sekarang ini. Pada jaman itu, yang dibawa oleh pengantin wanita adalah seikat gandum dan segala jenis rempah – rempah berbau menyengat, sedangkan bunga dirangkai menyerupai kalung yang nantinya akan dikalungkan ke leher mempelai. Kalungan bunga sebagai simbol memasuki jenjang hidup yang baru , gandum sebagai lambang kesuburan, dan rempah untuk mengusir roh jahat adalah simbol dari harapan akan pernikahan yang dilaksanakan.

Tradisi tersebut berubah saat Ratu Victoria dan Pangeran Albert menikah. Saat kedua mempelai ini menikah banyak tradisi yang berubah dan perubahan tersebut menjadi trend setter pernikahan hingga saat ini. Dari gaun pengantin yang asalnya tidak mematok harus selalu berwarna putih, sampai bunga tangan yang berasal dari rempah – rempah menjadi bunga tangan yang indah dan terbuat dari bunga segar. Dan di jaman ini juga, mulailah dikenal bunga memiliki bahasanya tersendiri dan dapat menyampaikan makna yang tersirat dari bunga tersebut. Nah, dari sekian banyaknya arti bunga, berikut Crazy Wedding Ideas tampilkan pesan atau makna yang terkandung dari tiap jenis bunga yang anda pilih.



                             Anemone : Pengabaian, pengampunan, ketulusan, dan harapan



Chrysanthemum/Krisan/Seruni : Kebahagiaan, kemakmuran, kelimpahan dan hidup yang panjang.
Krisan putih : Kejujuran. Krisan kuning : Pengagum rahasia ( cinta yang diabaikan ). Krisan merah : Cinta.



Daisy : Ketulusan, cinta yang setia, dan kesucian.
daisy Merah : kecantikan yang tidak diketahui pemiliknya, cinta, tulus, sederhana, cinta yang jauh dari gairah yang berlebihan, cinta diam-diam, daisy putih : kepolosan, cinta setia, daisy orange : kehangatan, sukacita, semangat



               Forget-Me-Not (Myosotis scorpioides) : Cinta dan memori yang setia, cinta sejati.



                                                Iris : Kekuatan dan kebijaksanaan, inspirasi.



                                       Ivy (tanaman rambat) : Kesetiaan, cinta yang abadi, afeksi.




                                                 Lilac (semacam bungur) : Cinta pertama.



                                                         Melati : Kesucian, kemurnian.



                                                       Bakung: Kemurnian dan manis.



                                                  Lily : keagungan, kejujuran dan kehormatan



Lily of the valley (mirip lonceng kecil terbalik) : Cinta yang terbarukan oleh kebahagiaan dan kerendahan hati.



                                                         Anggrek : Cinta dan kecantikan.



                                                 Mawar : cinta, kebahagiaan dan keindahan
                         Mawar merah : Cinta dan gairah. Mawar putih : Kemurnian dan tidak sombong.



                                                           Tulip : Cinta sejati dan gairah



Violet : Kerendahan hati.

Masih banyak lagi jenis bunga dan berbagai pesan yang terkandung didalamnya, namun, saat pemilihan bunga tangan untuk kita pakai nanti, ada baiknya juga kita lebih hati – hati dalam memilih, karena dari sekian banyaknya jenis bunga yang tak kalah indah dengan makna yang terkandung di setiap bunga, terdapat bunga yang memiliki pesan menyedihkan atau bahkan penolakan, penyesalan dan ketidakpercayaan. Selamat memilih dan mencari bunga yang Anda sukai. Good Luck.

Sumber: Crazyweddingsideas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar anda disini